24 May 2011

Delete buttonKegiatan menghapus data memang sering dilakukan. Apapun data yang dihapus pasti anda punya harapan supaya datanya hilang dari computer.
Pada windows untuk menghapus data secara umum bisa dilakukan dengan beberapa cara seperti menekan tombol Delete (Del) ataupun dengan menekan tombol SHIFT + Delete. Nah, apa yang menjadi perbedaan kedua perintah tersebut ? Bukankan berfungsi untuk sama-sama menghapus data ? Kedua perintah tersebut memang berfungsi untuk menghapus data akan tetapi memiliki perbedaan yang cukup besar saat data dihapus.






 
  1. Delete
Pada saat menghapus dengan tombol Delete , data sebenarnya hanya dipindahkan sementara pada tempat pembuangan sampah yang dikenal dengan sebutan " Recycle bin ". Data yang ada di Recycle Bin dapat diambil sewaktu-waktu (restore)
  1. SHIFT + Delete
Pada penghapusan data dengan menggunakan perintah SHIFT + Delete , data secara permanen akan benar-benar dihapus dan tidak bisa dikembalikan (restore). Coba saja anda lihat di recycle bin pasti data yang baru dihapus tadi tidak ada.

Saya berharap untuk menghapus data pada komputer yang sesuai dengan kebutuhan anda. Akan tetapi jangan sampai salah menghapus karena data yang dihapus dengan SHIFT + Delete kemungkinan besar tidak akan bisa dikembalikan meskipun menggunakan tools recovery data yang baik sekalipun.

1 komentar:

Silahkan berkomentar karena sangat berarti bagi perkembangan blog ini.
EmoticonEmoticon